3 Tips Kendalikan Stres Pasca Pemilu

Suasana hari pencoblosan pada salah satu TPS di Makassar, Rabu (14/2) - (foto dok CELEBESMEDIA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebagian orang masoh merasa tegang bahkan stres pasca pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). Kondisi ini tidak hanya dirasakan para calon yang bertarung dalam pemilu. Namun juga dialami sebagian pendukung  atau pengusung kandidat tertentu, karena takut calon yang dipilih tidak memenangkan kontestasi.

Ada beberapa kiat yang dapat diambil untuk meredakan stres pasca Pemilu agar dapat merasa lebih tenang.

1. Relaksasi stres

Pakar Psikologi Sosial dari Universitas Indonesia Dicky C. Pelupessy mengatakan orang dapat melakukan relaksasi stres agar pikiran dapat lebih tenang.

“Coba relaksasi stres dengan menarik nafas, kemudian keluarkan, dan dilakukan berulang. Jangan dipikirkan hal-hal yang membuat jadi tidak enak dan mengganggu,” kata Dicky yang dikutip dari Antara, Minggu (18/2).

2. Lakukan hal yang menyenangkan

Sebaiknya lakukan hal yang dapat membuat Anda lebih relaks sesuai dengan  preferensi diri. Dicky mencontohkan misalnya relaksasi berkebun, relaksasi nonton film. Relaksasi itu juga bisa dapat ketika kita beribadah.

3. Upayakan kendalikan pikiran

Bagian yang terpenting adalah berupaya untuk mengendalikan pikiran dari hal-hal yang membebankan. Cobalah untuk berpikir lebih positif terlepas dari apa pun hasil dari Pemilu. 

“Pengendalian pikiran juga penting gitu. Pikiran dikendalikan dengan baik, seperti jangan pikirkan menang atau kalahnya caleg yang kita pilih, kalau tidak menang ya sudah, itu adalah kompetisi dan tugas kita hanya memilih saja,” ungkapnya.

Penting bagi sesorang untuk mengelola stres pasca Pemilu. Apa pun hasilnya, meski tidak sesuai dengan yang diharapkan namun jangan membuat hal tersebut menjadi tekanan dalam jiwa Anda, karena hidup harus tetap berlanjut.