Erick Thohir: Tidak Boleh Ada Pemain ‘Titipan’ di Timnas U-17

Erick Thohir - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Seleksi pemain untuk memperkuat Timnas U-17 Indonesia terus berlangsung di Bali United Training Center, Gianyar. Pencarian pemain potensial akan dilakukan di sejumlah kota di Indonesia, termasuk Makassar.

Ketua umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan seleksi ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PSSI mengubah konsep untuk rekrutmen Timnas U-17 yang akan disiapkan untuk Piala Dunia U-17.

Untuk melahirkan pemain yang unggul, Erick memastikan proses seleksi ini berjalan objektif. Dia menekankan agar tidak boleh ada 'titipan' dalam seleksi pemain.

“Semuanya harus sesuai kriteria," tutur Erick.

Selain untuk persiapan Piala Dunia U-17, tim ini disiapkan untuk jangka panjang yaitu untuk Piala Dunia U-20 di tahun 2025. Maka dari itu, selain dari tim yang saat ini sedang melakukan TC di Jakarta, PSSI juga memberi kesempatan kepada talenta-talenta di 12 Kota dan sekitarnya untuk bisa memberikan yang terbaik.

Sementara itu, team scouting yang dipimpin Indra Sjafri menyebutkan ada beberapa hal menjadi penilaian team scouting tim U-17 kali ini.

“Ada beberapa hal yang dilakukan dari kami sebagai team scouting dalam proses seleksi ini. kami mencari pemain yang benar-benar bisa disiapkan untuk pemain tim nasional," ujar Indra.

Selain itu, untuk pemain-pemain yang tidak memenuhi standar kualitas turnamen internasional akan disalurkan ke akademi-akademi sepakbola yang ada di Indonesia.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023. "Kami melihat baru visual belum tes fisik, psikotest dan test IQ. Proses ini hanya baru melihat bagaimana individual taktikal dia (peserta seleksi), grup taktikal dan bagaimana tim taktikalnya dia,” imbuh Indra.

Adapun syarat untuk mengikuti proses seleksi adalah merupakan pemain muda kelahiran 1 Januari 2006 sampai dengan 31 Desember 2007.

Indra Sjafri terus mencari pemain dalam negeri dan pemain dari Indonesia yang bermain di luar negeri untuk memperkuat kebutuhan lini depan tim U-17.