Musim Depan, Liga 1 Bakal Pakai Wasit dari Inggris

Ilustrasi - (foto by Pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kompetisi kasta tertinggi Indonesia, Liga 1 musim depan bakal menggunakan wasit dari Liga Jepang atau Liga Inggris untuk memimpin jalannya pertandingan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, Rabu (3/4). Dalam pertemuan ini, dibahas pengaturan jadwal Liga yang diselaraskan dengan program Timnas Indonesia.

Tak kalah penting dalam rapat Exco PSSI dibahas percepatan transformasi wasit Indonesia dengan menghadirkan Wakil Komisi Wasit Yoshimi Ogawa.

"Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di Liga sebulan. Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yang datang ke Indonesia tersebut," ungkap Erick.

Menurut Erick nantinya akan ada digitalisasi perwasitan. "Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," ungkap Erick.

Selain itu, Erick juga menyebut Kongres PSSI akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024, di mana pada kongres nanti akan dibahas pemaparan program kerja tahun 2025 serta audit keuangan PSSI.