KPU Sulsel Target Surat Suara Rampung Akhir Februari

Pemilu 2019 - (ilustrasi by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan menargetkan perampungan surat suara pada akhir Februari atau paling lambat awal Maret nanti.

Hingga saat ini, surat suara untuk Pemilihan Presiden dan juga Pemilihan Legislatif masih sementara proses pencetakan di Gramedia Jakarta.

Komisioner KPU Sulsel Syarifuddin Jurdi menjelaskan, surat suara tersebut diperkirakan selesai pada akhir Februari atau paling lambat pada awal Maret nanti.

"Setelah selesai dicetak, didistribusi dari perusahaan percetakan langsung ke Kabupaten/Kota di Sulsel untuk segera disortir dan dipilah sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah pemilihan dimasing-masing Kabupaten/Kota," jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/1/2019).

Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi - (foto by Yahya)

Terkait dengan jumlah surat suara,  Syarif mengungkapkan, jumlahnya disesuaikan dengan jumlah DPT di Sulsel sebanyak 6.159.375 jiwa dikali 5 jenis surat suara ditambah 2 persen di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimasing-masing Kabupaten kota.

"Kalau dihitung dari jumlah DPT itu di kali 5 jenis surat suara, totalnya 30 juta lebih lembar surat suara," terangnya.

Syarif menambahkan, surat suara yang nantinya telah dicetak dan telah disortir, paling lambat akan didistribusikan ke daerah pemilihan di tiap Kabupaten/Kota pada April mendatang dengan prioritas distribusi ke wilayah yang medan distribusinya dianggap berat.