Home > PSM

Ahmad Amiruddin Harap PSM Cup Jadi Cikal Bakal Pemain Profesional

Ahmad Amiruddin - (foto by Bucek)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Turnamen usia dini, PSM Cup U-15 yang diinisiasi oleh Celebes Sport dan Filanesia Manajemen diharap bisa menjadi cikal bakal lahirnya pemain-pemain profesional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pelatih Hasanuddin FC, Ahmad Amiruddin. Ia juga menegaskan para peserta harus fair play soal umur pemain.

"Saya pesan satu, tolong kita harus fair play. Maksudnya dari batas umur, janganlah ada yang curi umur," ujar Ahmad yang juga asisten pelatih Bernardo Tavares di PSM.

"Main kalau itu (pemain) kelahiran 2009/2010 main sama itu, prestasinya kita lihat disitu. Janganmi pakai ijazah apalah. Coba kita fair, itu yang bagus," tambah dia.

Dengan fair play, sebuah turnamen akan menciptkan pertandingan yang berimbang dan menghasilkan pemain-pemain potensial.

Seperti diketahui, PSM merupakan pencetak pemain handal yang berkompetisi di tanah air dan juga luar negeri. Diantaranya Hilman Syah (RANS), M Rahmat (Bali United), dan Asnawi Mangkualam (Port FC/Thailand).

"Saya berharap dari sini ada cikal bakal yang menjadi pemain pro, tapi awali dengan akademi PSM. Kan setelah jenjang PSM Cup ini, mereka bisa seleksi di akademi," ujar Ahmad Amiruddin.


Ahmad Amiruddin memberi instruksi ke pemain Hasanuddin FC saat jeda laga uji coba lawan Bank Sulselbar FC di Lapangan BSC, Kamis (23/5) pagi - (foto by Bucek)

Mantan penyerang PSM itu semakin antusias menghadapi turnamen bergengsi ini karena lawan yang dihadapi bukan hanya dari Sulawesi Selatan, tetapi ada juga dari luar Sulsel.

"Lebih bagus, saya lebih senang karena lawannya dari luar, karena anak-anak tercipta jiwa kompetitifnya. Ada komoetisi yang bagus, wadahnya juga bagus, lapangannnya juga bagus, turnamennya juga bagus," paparnya.

Eks pemain yang identik dengan gol tendangan 'pisang'nya tersebut mengatakan persiapan anak asuhnya lumayan bagus jelang bergulirnya PSM Cup U-15.

"Jadi saya mau lihat pemain secara keseluruhan bukan per individu. Jadi anak-anak datang di sini, semua main dan dapat menit bermain yang sama," tutur Ahmad.

"Target lolos dari penyisihan grup," pungkas mantan asisten pelatih Borneo FC tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Hasanuddin FC beruji coba lawan Bank Sulselbar FC di Lapangan Bosowa Sport Center (BCS), Jalan Teuku Umar, Kamis (23/5) pagi.

Dalam laga uji coba tersebut, Hasanuddin FC kalah 0-3 dari Bank Sulselbar FC.

Seperti diketahui, PSM Cup U-15 bakal berlangsung pada tanggal 9 hingga 16 Juni 2024 mendatang. Turnamen tersebut terbuka untuk Sekolah Sepakbola (SSB) dan juga klub dalam dan luar wilayah Sulawesi.