Puncak Arus Balik, Maskapai Tambah Penerbangan di Bandara Hasanuddin

Suasana Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sabtu (30/4/2022) - ( foto by AS)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sejumlah maskapai meminta penerbangan tambahan atau extra flight untuk melayani penumpang arus balik di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Ada sembilan tambahan penerbangan untuk melayani arus bali, yakni dari Maskapai Citylink Indonesia (satu penerbangan), PT Sriwijaya Air (satu pernebangan), PT Super Air Jet (dua penerbangan) serta  PT Lion Airlines sebanyak lima penerbangan.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Iwan Risdianto di Makassar mengatakan permintaan sudah dilakukan beberapa hari terakhir dan kini sudah melayani sesuai permintaan.

“Pada H+4 (7/5/2022), kami menerima permintaan penerbangan tambahan sebanyak 11 perjalanan, namun yang teralisasi sebanyak sembilan penerbangan tambahan atau sebesar 82 persen,” katanya seperti yang dilansir dari Antaranews, Minggu (8/5/2022).  

Berdasarkan data Angkasapura I, jumlah penumpang dari 25 April hingga 7 Mei 2022, lonjakan penumpang tertinggi terjadi  pada 29 April atau dua hari jelang Hari raya Idul Fitri dengan total 16.484 orang.

Jumlah penumpang yang tiba di Bandara Hasanuddin dengan jumlah paling sedikit dengan jeda waktu tersebut yakni pada 4 Mei 2022 sebanyak  9.285 orang. Puncak arus balik terjadi  sejak Sabtu (7/5/2022)  dan diprediksi hingga Senin (9/5/2022).  

Sementara  untuk jumlah pesawat yang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, kata Iwan juga mengalami peningkatan cukup signifikan yaitu 2.750 pesawat, jika bandingkan tahun lalu sekitar 507 pesawat.