5 Kecamatan di Makassar Belum Rampungkan Rekapitulasi Suara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan Kota Makassar akan berakhir besok, Sabtu (2/3). Namun hingga Jumat (1/3) hari ini, masih ada 5 kecamatan yang belum meramlungkan rekapitulasinya yakni Kecamatan Biringkanaya, Panakkukang, Tallo, Tamalanrea dan Tamalate.

Sementara 10 kecamatan lainnya telah merampungkan rekapitulasinya yakni Kecamatan Sangkarrang, Wajo, Bontoala, Ujung Tanah, Mariso, Ujung Pandang, Mamajang, Rappocini, Makassar dan Manggala.  

Komisioner KPU Kota Makassar, Sri Wahyuningsih mengungkapkan bahwa sejumlah kecamatan mengalami kendala saat melakukan rekapitulasi, seperti tidak sinkronnya angka perolehan suara dengan jumlah pemilih dan data yang dipegang oleh saksi. Akibatnya kotak suara yang telah disegel pun harus dibuka kembali untuk dilakukan sinkronisasi.

"Saya rasa kendala rekapitulasi setiap kecamatan itu hampir sama yaitu tidak sinkron antara perolehan suara dengan jumlah pemilih dan data yang dipegang saksi, kalau hal itu terjadi maka harus buka kotak lagi untuk di verifikasi, inilah yang jadi kendala," jelas Sri Wahyuningsih.

Ia pun mengatakan, 5 kecamatan yang belum merampungkan rekapitulasi diberi batas waktu menyelesaikannya maksimal besok, Sabtu (02/03/24). Jika tidak dapat merampungkannya, maka akan langsung dialihkan ke tahap rekapitulasi tingkat Kota Makassar.

 Yah batas maksimal nya kan besok yah, jadi semua kecamatan terutama yang lima ini harus merampungkan besok Rekapitulasi nya, " Sambungnya.

Sementara itu 10 kecamatan yang telah merampungkan Rekapitulasi, 6 diantaranya juga telah melakukan penetapan dan tanda tangan saksi, serta kotak suara pun telah diterima oleh pihak KPU kota Makassar, yaitu kecamatan Sangkarrang, Wajo, Bontoala, Ujung Tanah, Mariso dan Ujung Pandang.

Sementara 4 lainnya ditargetkan Sri Wahyuningsih akan tuntas 100% hingga penetapan, yaitu kecamatan Mamajang, Rappocini, Makassar dan Manggala.

"Ini kan ada 10 kecamatan sudah rampung Rekapitulasi nya, tapi belum semua selesai melakukan penetapan dan masuk kotak, sejauh ini baru 6 kecamatan yang rampung 100% dan kotaknya pun sudah masuk di kami yaitu kecamatan Sangkarrang, Wajo, Bontoala, Ujungtanah, Mariso dan Ujung Pandang, " ungkap Anggota KPU Makassar, Sri Wahyuningsih kepada CELEBES MEDIA.

Sri Wahyuningsih mengungkapkan Selain melakukan rekapitulasi juga harus dilakukan sinkronisasi terlebih dahulu antara perolehan suara dengan jumlah data dan pemiliH.

Jika hal tersebut rampung, maka selanjutnya akan dilakukan Penetapan perolehan suara dan Penandatanganan Saksi. Setelah itu Kotak Suara hasil perolehan suara tingkat kecamatan akan di antarkan dan diterima oleh pihak KPU kota Makassar.

Laporan : Riski