Pengusaha Sulsel Berperan Besar dalam Pertumbuhan Pertambangan

CEO Bosowa Corporindo Muhammad Subhan Aksa - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pebisnis di Sulawesi Selatan adalah kontributor terbesar dalam pertumbuhan pertambangan yang terjadi di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan CEO Bosowa Corporindo Muhammad Subhan Aksa saat menjadi narasumber dalam acara CEO Business Forum ke-2 di Hotel Novotel Grand Shayla Makassar, Rabu (15/2/2023) 

Selain itu, kata Subhan efek dari tumbuhnya pertambangan tersebut juga berdampak langsung kepada Sulawesi Selatan

"Menurut saya pertambangan nikel ini, bukan smelternya, memilik potensi yang sangat besar untuk Sulawesi Selatan dan Indonesia karena banyak pertambangan masih dimiliki atau dikelola oleh putra Sulawesi Selatan atau Sulawesi," bebernya.

Dia menyebut kondisi itu berbeda dengan tambang batu bara yang ada di Kalimantan Timur saat ini. Di sana mayoritas pertambangannya dimiliki oleh pengusaha asing dari Amerika, China, Singapura.

"Jadi seluruh profit yang ada di tambang itu pasti dilempar dulu ke luar negeri," ujarnya.

Sementara tambang nikel yang saat ini dikelola oleh orang-orang Sulawesi Selatan otomatis pendapatan yang dihasilkan harus masuk dulu ke Sulawesi Selatan.

"Itu harapan kita dari segi ekonomi dengan adanya perputaran uang dari putra-putri Sulsel yang ada di seluruh Indonesia harapan kita adalah ekonomi kita dapat terbantu," tuturnya.

CEO Bosowa Corporindo Muhammad Subhan Aksa hadir sebagai pembicara dalam CEO Business Forum ke-2. Hadir pula pembicara lainnya yakni Pimpinan Wilayah BNI 07 Makassar, Muhammad Arafat dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Laporan : Darsil Yahya