Cara Atasi Post Holiday Blues Pasca Liburan

Ilustrasi - foto by pexels

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Liburan merupakan momen menyenangkan untuk melepas penat. Namun usai liburan sebagian orang justru merasa tidak bersemangat dan cemas kembali ke rutinitas harian.

Kondisi lemaa dan cemas kembali.ke aktivitas harian merupakan suatu penyakit yang disebut post holiday. Psikolog klinis Veronica Adesla menjelaskan post holiday blues merupakan perasaan negatif yang tidak menyenangkan sehabis liburan.

Perasaan negatif yang muncul bisa berupa rasa sedih, sepi, cemas, lelah, kecewa, atau tidak bersemangat ketika harus kembali ke rutinitas seperti biasanya.

“Biasanya, kemunculan perasaan ini sifatnya sementara, berlangsung selama beberapa hari sehabis liburan panjang,” kata Veronica mengutip Antara, Kamis (27/4).

Melansir CELEBESMEDIA.ID,Kamis (27/4/2023), ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala Post Holiday Blues, di antaranya:

1. Cukup Istirahat

Salah satu pemicu rasa murung semakin dalam usai liburan adalah kelelahan dan kurang istirahat. Untuk itu, pastikanlah cukup beristirahat dan sempatkan waktu bersantai di rumah setelah berlibur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, ataupun menonton film.

2. Latihan Pernapasan

Agar tubuh lebih rileks setelah liburan, coba lakukan latihan pernapasan. Nyatanya, latihan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat tubuh lebih tenang dan menghindari depresi. Untuk melakukannya, mulailah dengan menarik napas dalam-dalam dengan pernapasan perut, kemudian lepaskan napas panjang.

3. Makanan Sehat

Mengatasi rasa sedih setelah liburan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya disantap adalah makanan yang mengandung asam amino, seperti unggas, brokoli, susu, keju, daging rendah lemak, telur, dan kacang kedelai. Jenis makanan ini nyatanya dapat memicu produksi serotonin yang bisa memberikan sensasi nyaman, tenang, dan rileks pada otak.