Ini Isi 3 Tahapan Usulan Baru Gencatan Hamas - Israel

Aksi Bela Palestina di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakartq , Minggu (7/4/2024) - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gencatan senjata antara Israel dan Hamas kembali mencuat. Ada 3 tahapan dalam usulan grncatan tersebut, kata sumber Palestina yang mengetahui pembicaraan damai itu.

Usulan gencatan senjata itu meminta pembebasan 900 warga Palestina dari penjara-penjara Israel, termasuk setidaknya 100 tahanan yang telah dihukum dalam waktu lama sebagai imbalan atas pembebasan warga sipil Israel, menurut sebuah sumber yang tidak ingin disebutkan kepada Anadolu yang dikutip dari Antara, Selasa (9/4).

Berikut 3 tahapan usulan gencatan senjata di Gaza.

Tahap pertama mencakup pengembalian pengungsi Palestina kembali ke Gaza utara, namun hanya ke penampungan yang ditetapkan di bawah pengawasan internasional.

Tahap kedua, pertukaran sandera akan dilakukan di mana seluruh warga Israel yang ditawan akan dibebaskan dengan imbalan sejumlah warga Palestina yang akan ditentukan kemudian.

Sementara tahap ketiga, menurut sumber Palestina, jenazah Israel akan diserahkan dari Gaza.

Namun usulan tersebut menurut seorang pejabat Hamas, Mahmoud Mardawi mengatakan bahwa usulan itu mengabaikan seruan untuk gencatan senjata. Tidak ada pembahasan penarikan tentara Israel dari Gaza.

Pertukaran tahanan dalam usulan itu menyiratkan semua tahanan Israel dibebaskan, sementara pembebasan tahanan Palestina oleh Israel harus dikompromikan.

Sumber: Anadolu/Antara